Thursday, June 15, 2006

PTAIS Harus Hasilkan Sarjana Plus


Kopertais Wilayah X adakan pertemuan Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam se-Jawa Tengah yang dihadiri oleh 26 PTAIS, pada Rabu (14/06) di Auditorium Kampus I, lantai II. Pertemuan ini membahas sikap yang akan diambil berkenaan dengan Surat Edaran Dirjen Bagais No. Dj.II/PP.02.3/252/06 tanggal 6 April 2006 perihal Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Program DI, DII dan DIII PTAIS. Surat edaran itu menyatakan bahwa mulai tahun akademik 2006, program tersebut ditiadakan, sedangkan bagi PTAIN/PTAIS yang masih memiliki izin penyelenggaraan, masih diberikan kesempatan menyelesaikan program tersebut sampai mahasiswa angkatan 2005 habis (phasing out).
Surat edaran itu juga menyebutkan bahwa mulai tahun Akademik 2006-2007 setiap PTAIN/PTAIS hanya diijinkan membuka Program Diploma IV atau Sarjana. Proses penerimaan usulan pembukaan program D IV atau S.1 akan dibuka kembali setelah kriteria dan persyaratan yang baru ditetapkan dan diterbitkan.
Dalam kesempatan itu, Rektor IAIN Walisongo, sebagai Koordinator Kopertais Wilayah X Jateng menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengembangkan perguruan tinggi, pertama, lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut hendaknya sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan masyarakat. "Jangan menjual produk yang telah banyak dipasaran, tetapi juallah barang yang unik", ujarnya. Lebih lanjut Ia mengharapkan, para Sarjana memiliki keunggulan, misalnya, bila ia seorang guru lulusan PTAIS, hendaknya memiliki keahlian berbahasa Arab yang baik dan mampu membaca Kitab Kuning.
Kedua, suasana akademik yang kondusif. Ketiga, manajemen dan perencanaan institusi yang baik.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home