Tuesday, October 31, 2006

PEMIMPIN YANG MEMBUMI



HUMASWALISONGO. Baru saja IAIN melantik para dekan di 4 fakultas secara serentak. Dekan Fakultas Dakwah periode 2006-2010 adalah Drs. H. Moh. Zein Yusuf, M.M., Fakultas Syari’ah Drs. H. Muhyiddin, Fakultas Tarbiyah Prof. Dr. H. Ibnu Hajdar, M.Ed. dan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Abdul Muhaya, M.A. Pelantikan dilakukan oleh Rektor IAIN Walisongo Prof. Dr. H. Abdul Djamil, M.A. Dalam pengantarnya Profesor Filsafat Islam ini menengarai bahwa tanggungjawab IAIN 4 tahun kedepan lebih kompleks dan penuh persaingan dengan lembaga pendidikan lain. Kita berada dalam kawasan yang mana dilingkupi oleh STAIN yang notabene menawarkan program pendidikan yang sama. Untuk itu kedepan IAIN harus memiliki cirikhas agar mempunyai nilai tawar dan sebagai pilihan utama bukan alternatif. Disinilah amanat yang harus diemban pertama kali oleh para pemimpin baru di fakultas itu. Menurutnya kita harus mengedepankan prinsip mengutamakan kepentingan Negara di banding dengan kepentingan pribadi atau golongan apalagi keluarga. Sehingga dengan logika ikrar pelantikan ini para pejabat di instansi pemerintah terutama para dekan mempunyai tanggungjawab ganda. Pertama, ia harus rela waktunya tersita untuk melayani masyarakat, tidak seperti sebelum menjadi pejabat. Kedua, harus memahami perkembangan dan tantangan yang melingkupinya. Ketiga, peran dia di lingkungan internal dan eksternal.
Pelantikan tidak hanya kepada dekan di lingkungan IAIN Walisongo saja melainkan juga terjadi perubahan di eselon III dan IV, yakni: Kepala Bagian Kepegawaian yang sebelumnya Drs. H. Khusaeri M.Ag. diganti oleh Drs. Suharto (sebelumnya Kabag TU Fakultas Dakwah). Sementara Kabag TU Fakultas Dakwah adalah Drs. H. Shihabuddin, M.M. (sebelumnya Kasubbag Umum pada Bagian TU di Fakultas Dakwah). Sedangkan Kabag Perlengkapan dan Rumah Tangga yang sebelumnya Drs. H. Thohir Suaedi karena pensiun diisi oleh Drs. Djumal (sebelumnya Kabag Keuangan). Dan Kabag Keuangan sekarang diisi oleh Drs. H. Khusaeri, M.Ag.

Di eselon IV ada tiga orang yang mutasi dari staf ke Kasubbag, yakni Drs. Munthoha, M.M. sebelumnya staf di Kepegawaian menjadi Kasubbag Mutasi di Kepegawaian. Hj. Khotimah, S.Ag. sebelumnya staf keuangan sekarang menjadi Kasubag Kepegawaian dan Keuangan Fakultas Syari’ah. Terakhir Hj. Farida Barik, S.Ag. yang sebelumnya staf pada keuangan menjadi Kasubag Pelaksana Anggaran. Sedangkan satu orang yang pindah dari Kasubag Pelaksana Anggaran adalah Ngasikin, S.Ag. menjadi Kasubag Umum di Fakultas Dakwah.Selamat melaksanakan tugas, semoga mendapat bimbingan dan kekuatan lahir batin. Amin.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home