Saturday, July 08, 2006

PEMBEKALAN KKN BAGI MAHASISWA


Jum'at (07/07) di Aula Kampus III sekitar 581 mahasiswa yang mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun ini mendapat pembekalan dan support dari Rektor IAIN Walisongo. Rencana daerah yang akan ditempati sebagai pelaksanaan KKN adalah Kabupaten Batang. Para mahasiswa mengikuti dengan antusias dan bersemangat terutama pada saat Rektor menyampaikan pesan. "KKN kita sering berhasil karena latarbelakang mahasiswa dari pedesaan. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan KKN IAIN karena mereka mengetahui seluk beluk pedesaan dan kemauan masyarakat", tandasnya. KKN merupakan implementasi dari ilmu-ilmu yang dipelajari selama di kampus. Interaksi dengan masyarakat secara langsung akan memberikan pelajaran yang berarti bagi mahasiswa dalam membaca situasi sosial. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan tidak hanya IQ saja melainkan EQ dan SQ.
KKN mahasiswa IAIN tidak hanya melulu masalah spiritual atau agama saja, tetapi lintas sektoral fisik seperti perbaikan jembatan, pembuatan saluran air atau irigasi bahkan perbaikan jalan dapat dilaksanakan dengan baik. Ini menunjukkan KKN kita masih diterima dan diidam oleh masyarakat desa. Intinya kita bergerak di bidang pembangunan fisik bisa melaksanakan, apalagi non fisik seperti pemberdayaan masyarakat, kemanusiaan (baca: mengurus jenazah, tahlil dan lain-lain), taman pendidikan al-qur'an serta yang lain.
Pembekalan ini dilaksanakan selama 3 hari. Mereka mendapatkan motivasi dari para narasumber selanjutnya dikelompokkan untuk di tempatkan di beberapa desa dan kecamatan. Selamat KKN!!!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home